Selasa, 02 Mei 2023

LATAR BELAKANG

Pada tahun 2009 Jatmiko Wicaksono (Purbalingga) mulai menulis dan mengunggah beberapa artikel mengenai gedung-gedung tua di seputaran kota Purwokerto dengan alamat purwokertoheritege.blosgspot.com. Kurun waktu dua tahun blog yang berisikan informasi jelajah pribadi penulis berhasil mendapatkan perhatian dari pengunjung dan pembaca, sehingga sering terjadi obrolan antara penulis dan pembaca melalui kolom komentar. Hingga pada bulan November 2011 tepat tanggal 11 beberapa follower yaitu Hilmy Nugroho (Kalibagor), Rizky Dwi Darmawan (Banyumas) dan Mahbub (Ajibarang) yang sering terlibat obrolan di blog mengadakan pertemuan dan meresmikan adanya komunitas bernama Banjoemas History Heritage Community (BHHC). 

Komunitas terbentuk bertujuan untuk mengenalkan sejarah lokal kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan diantaranya adalah riset sejarah lokal, penulisan sejarah lokal, jelajah sejarah, berjejaring, perpustakaan dan pusat arsip sejarah Banyumasan. Blog  kemudian di kelola oleh komunitas dan diganti menjadi www.banjoemas.com.

Wilayah kerja komunitas adalah seluruh wilayah bekas karsidenan Banyumas yaitu kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap. Komunitas juga mengangkat seorang perwakilan di setiap kota agar komunitas bisa lebih dekat dengan masyarakat. Komunitas juga terdiri dari tim inti komunitas yang bekerja secara sukarela menjadi pengurus komunitas dan anggota bebas yang terdiri dari follower dan masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, komunitas melalui jaringan dengan komunitas lain dan beberapa masukan dari beberapa dosen dari perguruan tinggi BHHC akhirnya juga berkembang kearah pelestarian dan pendampingan permasalahan warisan budaya, karena tanpa pelestarian, sejarah kota yang dituliskan terasa kurang tanpa adanya bukti sejarah berupa warisan budaya. 

Pada tahun 2021 ketika ulang tahun BHHC yang ke 10 tahun telah diinisiasi agar komunitas memiliki badan hukum, kemudian dibuatlah sebuah team khusus yang terdiri dari pendiri dan beberapa team inti untuk mempersiapkan sebuah bentuk Yayasan untuk menaungi komunitas Banjoemas Histroy Heritage. Yayasan resmi berbadan hukum melalui penetapan dapa tanggal 3 Maret 2023.

0 komentar:

Posting Komentar